Tujuan dan fungsi koperasi sebagai badan usaha
1. Pengertian Badan Usaha
Badan Usaha
adalah suatu bagian yang telah ditetapkan dan dibentuk untuk
berusaha dan mencapai tujuan tertentu
2. Koperasi sebagai Badan Usaha
* Koperasi
adalah badan usaha atau perusahaan yang tetap tunduk pada kaidah & aturan
prinsip ekonomi yang berlaku (UU No. 25, 1992)
* Mampu
untuk menghasilkan keuntungan dan mengembangkan organisasi & usahanya
* Ciri
utama koperasi adalah pada sifat keanggotaan; sebagai pemilik sekaligus
pengguna jasa
*
Pengelolaan koperasi sebagai badan usaha dan unit ekonomi rakyat memerlukan
sistem manajemen usaha (keuangan, tehnik, organisasi & informasi) dan
sistem keanggotaan (membership system)
3. Tujuan dan Nilai Koperasi
*
Memaksimumkan keuntungan, berarti segala sesuatu kegiatan yang dilakukan untuk
mencapai pemaksimuman keuntungan
*
Memaksimumkan nilai perusahaan, berarti membuat kualitas perusahaan bernilai
tinggi dan mencapai tingkat maksimal, yaitu dari nilai perusahaan itu sendiri
*
Meminimumkan biaya, berarti segala sesuatu yang dilakukan agar hasil maksimala
dan keuntungan besar kita harus meminimalkan segala biaya agar mendapatkan
sesuatu yang terbaik
4. Mendefinisikan Tujuan Perusahaan Koperasi
·
Theory of the firm; perusahaan
perlu menetapkan tujuan :
1.
Mendefinisikan organisasi
2.
Mengkoordinasi keputusan
3.
Menyediakan norma
4.
Sasaran yang lebih nyata
·
Tujuan perusahaan :
1.
Maximize profit, maximize the value of the firm,
minimize cost
·
Koperasi
1.
Berorientasi pada profit oriented & benefit
oriented
2.
Landasan operasional didasarkan pada pelayanan (service
at a cost)
3.
Memajukan kesejahteraan anggota merupakan prioritas
utama (UU No. 25, 1992)
4.
Kesulitan utama pada pengukuran nilai benefit dan
nilai perusahaan
5. Keterbatasan
Teori Perusahaan
Maximization of
sales (William Banmoldb); jika tidak
memaksimumkan penjualan maka anggota akan di pecat, tetapi koperasi tidak
Maximization of
management utility (Oliver
Williamson); antara pemilik da anggota terjadi perbedaan yang mencolok,
tetapi koperasi tidak
Satisfying
Behaviour (Herbert Simon); hanya satu pihak yang
berjuang, tetapi koperasi semua anggota berperan penting
·
Teori Laba
Konsep laba
dalam koperasi adalah SHU; semakin
tinggi partisipasi anggota, maka semakin tinggi manfaat yang diterima.
·
Fungsi Laba
* Innovation
theory of profit; perolehan laba yang maksimal karena adanya keberhasilan
organisasi dalam melakukan inovasi terhadap produknya.
* Managerial
Efficiency Theory of profit; organisasi yang dikelola dengan efisien
akan meraih laba di atas rata-rata laba normal.
Kegiatan Usaha Koperasi
·
Key success factors kegiatan
usaha koperasi : Status dan motif anggota koperasi, Kegiatan Usaha, Permodalan
Koperasi, Manajemen Koperasi, Organisasi Koperasi, Sistem Pembagian Keuntungan
(Sisa Hasil Usaha)
Status &
Motif Anggota
1. Anggota sebagai pemilik (owners) dan sekaligus pengguna (users/customers)
2. Owners : menanamkan modal investasi
3. Customers : memanfaatkan pelayanan usaha koperasi dengan
maksimal
4. Kriteria minimal anggota koperasi
Tidak berada di bawah garis kemiskinan & memiliki potensi ekonomi
Memiliki pola income reguler yang pasti
Kegiatan Usaha
a. Usaha yang berkaitan langsung dengan kepentingan anggota untuk meningkatkan
kesejahteraan anggota.
b. Dapat memberikan pelayanan untuk masyarakat (bila terdapat kelebihan
kapasitas; dalam rangka optimalisasi economies of scale).
c. Usaha dan peran utama dalam bidang sendi kehidupan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar